Buku : Pengantar Ilmu Penggalian Data Bisnis

Pengantar Ilmu Penggalian Data Bisnis
(Introduction to Business Data Mining)

Penulis : David Olson & Yong Shi
Penerjemah : Chriswan Sungkono
Editor : Tim SPSS Indonesia

Penerbit : Penerbit Salemba Empat – th.2008
334 hal., 21 x 26 cm
Edisi Bahasa Inggris: McGraw-Hill

ISBN : 978-979-691-442-5

Ringkasan:

Buku yang berjudul “Pengantar llmu Penggalian Data Bisnis” membahas konsep-konsep dasar penggalian data (data mining) yang menunjukkan potensi pengumpulan data berskala besar dan analisis menggunakan data tersebut untuk mendapatkan pemahaman bisnis yang bermanfaat.

Buku ini terbagi ke dalam empat bagian, yaitu:

Bagian I : Memperkenalkan berbagai konsep penggalian data.

Bagian II : Berisikan bab-bab yang membahas berbagai teknik yang sering digunakan dalam penggalian data.

Bagian III : Berfokus pada aplikasi bisnis pengalian data.

Bagian IV : Menghadirkan aplikasi di bidang-bidang yang sedang berkembang, termasuk penggalian Web, penggalian teks, dan aspek-aspek etika dari penggalian data.

Penggalian data secara luas digunakan antara lain di bidang finansial dan perbankan dalam memproses aplikasi kredit dan kartu kredit pelanggan serta pola pembayaran; di bidang asuransi dan telekomunikasi dalam menganalisis loyalitas pelanggan dan mendeteksi penipuan; di bidang pemasaran dalam memprediksi respons pelanggan terhadap kampanye promosi; di bidang manufaktur dalam pengendalian mutu; dan masih banyak jenis aplikasi lain di berbagai bidang.

Dalam buku ini diberikan banyak contoh penggalian data dengan menggunakan peranti lunak SPSS Clementine. Di Indonesia, peranti lunak penggalian data ini sedang berkembang pesat. SPSS Clementine memungkinkan pengguna untuk melakukan penggalian data dari tahap pembersihan data, mempersiapkan data, melakukan analisis sampai tahap penggunaan model secara cepat dan mudah. Metode yang ditawarkan pun lengkap mulai dari analisis dasar sampai ke tingkat analisis yang kompleks. Sekarang ini sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan SPSS Clementine, seperti Telkom Indonesia, Bank Central Asia (BCA), Adira Finance, Adira Quantum, BNI, Citibank, HSBC, dan lain-lain. Penggunaan SPSS Clementine pun beragam, misalnya untuk Credit Scoring, Collection Scoring, Churn Prediction, Customer Segmentation and Profiling, Market Targeting, yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan.

Daftar isi buku :

BAGIAN SATU : Pendahuluan

BAGIAN DUA : Metode Penggalian Data sebagai Perangkat Analitik

BAGIAN TIGA : Aplikasi Bisnis

BAGiAN EMPAT : Isu yang Berkembang

 

Harga buku Rp.60.000,-  
Untuk pemesanan buku klik disini.

This entry was posted in Publishing and tagged , . Bookmark the permalink.